Mengenal Screen Bagian 3 Habis Pemasangan Kain screen ke Bingkai


Setelah memilih kain screen dan bingkai yang tepat, langkah selanjutnya adalah memasang kain screen tersebut pada bingkai. Dalam istilah sablon (sablon kaos murah), pemasangan ini dinamakan stretching. Syarat utama dalam pemasangan kain screen pada bingkai adalah penempatan kain sehingga benang-benang penyusun bingkai harus sejajar denga posisi bingkai. Jika tidak sejajar akan mengakibatkan hasil sablonan yang tidak maksimal. Beberapa akibat jika kain screen tidak dipasang dengan benar pada screen:
1.    Hasil sablonan tidak sempurna seperti yang diinginkan,
2.    Pekerjaan sablon menjadi lambat,
3.    Disain/gambar pada screen tidak akan kuat atau tahan lama,
4.    Tinta pencapan dan lubang terbuka menjadi hilang sehingga garis corak tidak sesuai denga gambar yang dikehendaki.
Stretching dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya:
1.    Pemasangan Secara Teradisiona
  Pemasagan dengan perekat quick fix
Pemasangan kain screen pada bingkai dapat dilakukan dengan cara teradisional, yaitu dengan tarikan tangan setelah sebelumnya permukaan bingkai diberi lem atau perekat quick fix (lem yang mempunyai daya rekat tinggi) terlebih dahulu. Pemasangan dengan cara ini kurang menjamin mutu hasil pemasangan kain tersebut, mengingat hal itu tidak menghasilkan kekuatan tarikan yang sama pada seluruh permukaan screen.

Cara memasang kain screen dengan perekan quick fix menggunakan tangan:
1)    Potong kain screen seluas ukuran luar bingkai dengan ditambah masing-masing sisinya kemudian disambung kain biasa selebar 20 cm,
2)    Kuaskan perekat quick fix pada keempat sisi bingkai secara merata lalu keringkan
3)     Pasang kain screen dengan tarikan yang kencang pada sisi-sisi yang berlawanan kemudian dipatenkan dengan paku paying atau pines pada beberapa tempat. Usahakan kondisi kain screen tegang,
4)    Lebas kain penyambung dan bersihkan bekas-bekas perekat.

  Pemasangan dengan Stapel dan Clamp

Selain menggunakan perekat quick fix, pemasangan kain screen pada bingkai dapat juga dilakukan dengan bantuan alat staple dan clamp.

Cara pemasagan kain screen dengan menggunakan staple dan clamp adalah sebagai berikut:
1)    Pemasangan dimulai pada salah satu sisi kain screen, lalu distapelkan,
2)    Tarik denga kuat pada sisi lain yang berlawanan lalu stapelkan,
3)    Lakukan hal yang sama pada sisi kain yang lainnya. (biasanya cara ini masih juga menggunakan perekat untuk mendapatkan hasil yang maksimal)
2.    Pemasangan Kain Screen dengan Mesin
Pemasangan kain screen dengan mesin jelas akan lebih mudah dan cepat serta menghasilkan suatu kondisi pemasangan yang jauh lebih memuaskan, karena tegangan yang dihasilkan akan tinggi dan sama atau merata pada setiap permukaan screen.  Mesin penarik mechanical (mechanical stretcher) yang biasanya digunakan untuk memasang kain screen memang telah dirancang khusus untuk menarik screen. Dan diantara cara atau teknik pemasangan kain screen, pemasangan dengan mesin penarik mechanical tersebut merupakan cara yang paling baik. Dengan tegangan yang merata disemua permukaan screen, maka pengerjaan sablon akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Pneumatic Clamp System
Salah satu cara pemasangan screen dengan menggunakan mesian adalah dengan pneumatic clamp system, yaitu pemasangan kain screen dengan menggunakan sebuah mesin yang terdiri dari satu set clamp-clamp dan menggunakan compresos sebagai penariknya. Clamp-clamp ini berfungsi sebagai jepitan yang menjepit kain screen empat arah, dan menariknya secara serempak sehingga mencapai tekanan dengan hasil tegangan sesuai yang diinginkan. Penarikan kain screen ini dilakukan di atas bingkai screen yang telah terlebih dahulu dilapisi perekat, kain screen kemudian diturunkan untuk direkatkan. 



Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar