Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Modal

Setiap orang pasti memiliki impian untuk memiliki bisnis sendiri, namun banyak diantara mereka terjebak dalam kubangan ketiadaan modal. Banyak keinginan untuk berusaha dari banyak orang ini ahirnya gagal untuk dieksekusi menjadi usaha nyata karena ketiadaan modal. Ingin buka laundry modalnya tidak ada. Ingin buka toko modalnya tidak ada. Mau jualan dompet modalnya tidak ada. Mau bisnis kaos terkendala peralatan? Namun benarkah ketiadaan modal menjadi alasan utama untuk tidak memulai usaha? Berikut kami berikan beberapa tips memulai usaha dengan modal paling minimum, atau dapat dibilang bisnis tanpa modal.

Mulailah dari yang terkecil
Usaha besar semua berawal dari hal-hal yang kecil. Mulailah usaha dari hal yang paling kecil yang dapat dilakukan terlebih dahulu. Jangan terlalu cepat melangkah ke hal yang lebih besar jika yang terkecil saja belum dapat diselesaikan dengan baik. Buatlah perencanaan terhadap bisnis yang ingin dilakukan, mimpilah bahwa bisnis itu akan menjadi besar. Petakan apa saja yang perlu disiapkan. Petakan pasar, pesaing, dan stok barang, dsb. Mulailah dengan apa yang dimiliki dan yang dapat dilakukan.

Mulailah dengan apa yang dimiliki
Memulai usaha tidak harus muluk-muluk harus menyiapkan ini itu. Cukup dengan apa yang saat ini kita miliki. Semisal yang kita miliki saat ini adalah laptop dan modem serta seperangkat akses internetnya sudah cukup untuk memulai usaha. Pertanyaannya usaha apa yang dapat dilakukan dengan dua perangkat tersebut?

Bisnis online, ya bisnis online adalab jawabannya. Mulailah pelajari mengenai trik dan tips mengenai bisnis online. Jika ingin berjualan produk, mulailah dengan mencari rekanan yang dapat menyediakan produk atau yang bisa dropship. Lakukan hal tersebut dengan terus menerus, lambat laun usaha akan tumbuh menjadi besar.

Mulailah dari rumah
Memulai bisnis dengan menggunakan fasilitas rumah tidak ada salahnya. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran uang untuk permodalan. Menyewa toko akan sebagai kantor hanya akan menambah beban pengeluaran modal. Semisal bisnis online di atas, dijalankan dari rumah, bahkan kamar tidurpun sudah lebih dari cukup.

Banyak bisnis yang tidak memerlukan lebih dari satu meja dan beberapa ruang penyimpanan. Sebuah meja kecil dan lemari arsip dapat menempati bagian kecil dari ruang apapun yang tersedia misalnya, di sudut kamar tidur atau bahkan ruang tamu atau ruang makan! Banyak orang yang menggunakan fasilitas rumah untuk dijadikan kantor atau bisnis lainnya.

Jangan hamburkan uang untuk iklan
Di jaman yang serba internet saat ini, banyak sekali media yang bisa digunakan untuk beriklan tanpa menggunakan uang sepeserpun. Gunakan media online untuk memasar produk. Blog banyak yang geratisan. Toko online banya yang geratisan, atau bahkan media sosialpun bisa dijadikan sarana untuk beriklan.

Cara lain, bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis lokal adalah cara lain untuk memasarkan bisnis yang sedang kita jalankan. Komunitas ini dapat memberikan banyak kesempatan untuk membuka banyak jaringan. Dari situ bisnis yang sedang kita jalankan bisa diketahui oleh banyak khalayak. Dan yang paling penting adalah menyebutkan bisnis Anda di setiap kesempatan. Ketika chatting dengan teman-teman, saat bertemu orang-orang baru, ketika mengunjungi keluarga. Jangan malu-malu untuk menyebukan bisnis yang sedang dijalankan. Bahkan jika mungkin, cobalah bawa contoh produk bisnis yang sedang dijalankan kemana pun kita pergi.

Atur keuangan dengan bijak
Gunakan uang yang kita miliki dengan bijak. Sebelum membeli perlengkapan untuk bisnis, pertimbangkan dengan baik apakah barang ini nantinya akan berfungsi dengan baik. Jangan membuang uang dengan barang-barang yang nantinya tidak digunakan. Dan sebaliknya, jika barang tersebut sangat membantu untuk mengembangkan bisnis, jangan takut untuk membelinya.

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar