Peranan Media Sosial Dalam Strategi Marketing

Dalam perkembangan internet seperti saat ini, keberadaan media sosial sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap orang selalu mengakses media ini setiap harinya dari, ditambah saat ini gaget seperti handphone mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan harga yang semakin terjangkau sehingga selalu kita temukan orang yang memiliki Hp yang dapat digunakan untuk mengakses media sosial. Dengan fenomena seperti itu, maka pemanfaatan media sosial guna menunjang pemasaran produk atau jasa sudah menjadi kebutuhan wajib saat ini. Social media dapat dimanfaatkan guna mengkomunikasikan produk atau jasa serta berkomunikasi secara langsung dengan calon konsumen, yang pada ahirnya akan mempengaruhi calon kosumen membeli pproduk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, media sosial dapat menjadi jembatan bagi pengusaha dengan konsumen sehingga memungkinkan terciptanya konsumen yang loyal, atau customer loyalty. Konsumen yang loyal sangat penting diciptakan sehingga dapat membantu mempromosikan produk atau jasa. Pemanfaatan media sosial dalam strategi marketing sudah bukan menjadi barang yang “wah”, hampir setiap usaha sudah mulai menggunakannya, baik dari skala korporasi besar maupun usaha mikro kecil menengah.

Mengapa Harus Media Sosial..?
Seperti kami singgung di atas, penggunan internet dalam kehidupan sehari-hari saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok dari banyak orang. Selain itu, persebaran perangkat guna mengakses internet juga sangat cepat, hampir setiap orang dikota besar maupun di pedalaman memiliki perangkat untuk mengakses internet. Semakin baiknya infrastruktur pendukung serta alat-alat pendukung yang makin terjangkau bagi masyarakat luas, membuat 2/3 penduduk Indonesia saat ini aktif di internet.  Hal ini menjadi sebuah peluang guna dimanfaatkan untuk mendukung pemasaran produk atau jasa. Proses jual-beli produk atau jasa sudah tidak lagi terbatas pada batasan wilayah, dengan internet pemasaran produk atau jasa dapat menembus pasar yang lebih luas lagi, baik nasional bahkan internasional.

Besarnya atensi publik dalam menggunakan internet, berbanding lurus dengan pemanfaatan media sosial dalam berkomunikasi antar pengguna internet. Media sosial sudah menjadi suatu gaya hidup modern dari para pengguna internet. Segala hal dapat dibagi dalam media sosial sehingga memanjakan penggunanya. Bahkan dapat dipastikan bahwa, setiap orang yang mempunya akses internet pasti juga menggunakan media sosial juga. Dan ini menjadi peluang sebagai penunjang dalam setrategi pemasaran produk atau jasa.

Keberadaan media sosial saat ini mampu mengubah strategi pemasaran dari berbagai perusahaan. Awalnya kebanyakan perusahaan menggunakan pendekatan “telling and selling”, dimana orang dibombardir dengan iklan, menjadi “listen and collaborate”, perusahaanlah yang mendengarkan dan mewadahi feedback dari konsumen. Strategi ini sangat efektif guna mengajak konsumen guna ikut serta dalam pengembangan dari produk atau jasa. Tentunya, kondisi seperti ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena dengan tidak disadari mampu membuat perusahaan memiliki agent-agent guna melakukan promosi secara sukarela melalui kegiatan viral marketing, dari mulut ke mulut atau rekomendasi.

Diantara keuntungan dari pemanfaatan media sosial sebagai sarana penunjang pemasaran produk atau jasa, selain yang kami sebutkan di atas, ada beberapa keuntungan lainnya diantaranya:
  • Perusahaan dapat memonitor bagaimana performa dari brand yang mereka keluarkan mata masyarakat.
  • Sebagai sarana pendukung dalam research and development dari perusahaan. Caranya dengan mengetes seberapa jauh produk atau jasa dipasaran mendapatkan feedback yang membangun dari konsumen.
  • Merupakan sarana promosi yang sangat murah, hanya dengan memiliki akses internet saja perusahaan sudah bisa melakukan strategi marketingnya di media sosial.
  • Penggunaan media sosial dalam membagikan informasi-informasi yang ada di websaite perusahaan dapat membantu meningkatkan traffic ke website tersebut. Hal ini dapat mendorong lebih banyak konsumen mengenal produk atau jasa sehingga peluang terjadinya penjualan produk atau jasa lebih besar.
Dari berbagai keuntungan menggunakan media sosial dalam menunjang pemasaran produk atau jasadapat kami simpulkan bahwa media sosial sangat penting bagi perusahaan kguna mengembang bisnisnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar