Peranan Media Sosial Dalam Strategi Marketing
Dalam perkembangan internet seperti saat ini, keberadaan media sosial
sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap
orang selalu mengakses media ini setiap harinya dari, ditambah saat ini
gaget seperti handphone mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan
harga yang semakin terjangkau sehingga selalu kita temukan orang yang
memiliki Hp yang dapat digunakan untuk mengakses media sosial. Dengan
fenomena seperti itu, maka pemanfaatan media sosial guna menunjang
pemasaran produk atau jasa sudah menjadi kebutuhan wajib saat ini.
Social media dapat dimanfaatkan guna mengkomunikasikan produk atau jasa serta
berkomunikasi secara langsung dengan calon konsumen, yang pada ahirnya
akan mempengaruhi calon kosumen membeli pproduk atau jasa yang ditawarkan.
Selain
itu, media sosial dapat menjadi jembatan bagi pengusaha dengan konsumen sehingga memungkinkan terciptanya konsumen yang
loyal, atau customer loyalty.
Konsumen yang loyal sangat penting diciptakan sehingga dapat membantu
mempromosikan produk atau jasa. Pemanfaatan media sosial dalam strategi
marketing sudah bukan menjadi barang yang “wah”, hampir setiap usaha
sudah mulai menggunakannya, baik dari skala korporasi besar maupun usaha
mikro kecil menengah.
Mengapa Harus Media Sosial..?
Seperti
kami singgung di atas, penggunan internet dalam kehidupan sehari-hari
saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok dari banyak orang. Selain itu,
persebaran perangkat guna mengakses internet juga sangat cepat, hampir
setiap orang dikota besar maupun di pedalaman memiliki perangkat untuk
mengakses internet. Semakin baiknya infrastruktur pendukung serta
alat-alat pendukung yang makin terjangkau bagi masyarakat luas, membuat 2/3 penduduk Indonesia
saat ini aktif di internet. Hal ini menjadi sebuah peluang guna
dimanfaatkan untuk mendukung pemasaran produk atau jasa.
Proses jual-beli produk atau jasa sudah tidak lagi terbatas
pada batasan wilayah, dengan internet pemasaran produk atau jasa dapat menembus pasar yang lebih luas lagi, baik nasional bahkan internasional.
Besarnya
atensi publik dalam menggunakan internet, berbanding lurus dengan
pemanfaatan media sosial dalam berkomunikasi antar pengguna internet.
Media sosial sudah menjadi suatu gaya hidup modern dari para pengguna
internet. Segala hal dapat dibagi dalam media sosial sehingga memanjakan
penggunanya. Bahkan dapat dipastikan bahwa, setiap orang yang mempunya
akses internet pasti juga menggunakan media sosial juga. Dan ini menjadi
peluang sebagai penunjang dalam setrategi pemasaran produk atau jasa.
Keberadaan
media sosial saat ini mampu mengubah strategi pemasaran dari berbagai
perusahaan. Awalnya kebanyakan
perusahaan menggunakan pendekatan “telling and selling”, dimana orang dibombardir dengan iklan, menjadi “listen and collaborate”,
perusahaanlah yang mendengarkan dan mewadahi feedback dari konsumen.
Strategi ini sangat efektif guna mengajak konsumen guna ikut serta dalam
pengembangan dari produk atau jasa. Tentunya, kondisi
seperti ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena dengan tidak disadari mampu membuat perusahaan memiliki
agent-agent guna melakukan promosi secara sukarela melalui kegiatan
viral marketing, dari mulut ke mulut atau rekomendasi.
Diantara
keuntungan dari pemanfaatan media sosial sebagai sarana penunjang
pemasaran produk atau jasa, selain yang kami sebutkan di
atas, ada beberapa keuntungan lainnya diantaranya:
- Perusahaan dapat memonitor bagaimana performa dari brand yang mereka keluarkan mata masyarakat.
- Sebagai sarana pendukung dalam research and development dari perusahaan. Caranya dengan mengetes seberapa jauh produk atau jasa dipasaran mendapatkan feedback yang membangun dari konsumen.
- Merupakan sarana promosi yang sangat murah, hanya dengan memiliki akses internet saja perusahaan sudah bisa melakukan strategi marketingnya di media sosial.
- Penggunaan media sosial dalam membagikan informasi-informasi yang ada di websaite perusahaan dapat membantu meningkatkan traffic ke website tersebut. Hal ini dapat mendorong lebih banyak konsumen mengenal produk atau jasa sehingga peluang terjadinya penjualan produk atau jasa lebih besar.
Dari
berbagai keuntungan menggunakan media sosial dalam menunjang pemasaran produk atau jasadapat kami simpulkan bahwa media sosial
sangat penting bagi perusahaan kguna mengembang
bisnisnya.
0 Response to "Peranan Media Sosial Dalam Strategi Marketing"
Post a Comment