Bagaimana Membangun Personal Branding yang Baik

Pada postingan sebelumnya, telah kami bahas mengenai pentingnya membangun personal branding yang dapat dibaca disini. Pada kesempata kali ini, penulis ingin sedikit membagikan langkah-langkah sederhana mengenai cara membagun personal branding dengan baik sehingga mampu mengangkat personal brand diri.

Membangun personal branding merupakan suatu upaya memasarkan diri sendiri kepada khalayak umum, dengan tujuan khalayak umum mencitrakan seorang tersebut mempunyai kekhasan atau citra tersendiri. Ada yang kenal dengan Tukul Arwana? Kalau tidak mengenalnya setidaknya kita tahu bahwa beliau adalah salah satu artis terkenal di negeri ini. Dengan kekhasan lawakannya Tukul mampu membangun personal brandingnya dengan sangat kuat sebagai seorang komedian yang menjadikan beliau salah satu artis dengan bayaran yang sangat tinggi. Atau ada yang kenal dengan Joko Widodo atau orang lebih mengenalnya sebagai Jokowi? Kalau boleh penulis katakan, beliaulah satu-satunya pemimpin negeri ini yang sukses dalam membangun personal brandingnya. Betapa tidak, dengan aksi khas blusukannya , Jokowi mampu menyihir rakyatnya untuk berempati kepadanya. Dan tidak salah jika Jokowi disebut-sebut sebagai pemimpin yang pro rakyat.

Dua kasus diatas merupakan contoh dari personal branding yang berhasil, tentunya masih banyak yang lain. Lantas bagaimana supaya personal branding mampu berhasil dengan baik? Membangun personal branding bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang jika memang dilakukan seraca konsisten dan kontinyu dan susah jika hanya dilakukan setengah-setengah.

Bebera langkah sederhana dapat ditempuh guna membangun personal branding dengan baik. Apa saja itu? Berikut kami sajikan bagaimana membangun personal branding dengan baik.

Kenali Diri Sendiri dengan Baik
Sebelum kita berpikir untuk membangun personal brand, langkah yang paling utama adalah kenali diri sendiri dengan baik. Siapa diri kita, berasal dari mana kita, keahlian apa yang kita kuasai, apa passion kita, dll. Jika kita sudah mengenali diri sendiri dengan baik, pilihlah satu kekhasan dari diri kita, lalu terus kembangkan kekhasan tersebut hingga menjadi keahlian dan keunikan dari kita. Setelah kita mempunyai keahlian atau keunikan tersendiri, mulailah dengan membranding diri. Yakinkan bahwa personal brand yang dipilih adalah keahlian/keunikan yang dimiliki. Mulailah memasarkan diri anda kepada lingkungan sekitar.

Gunakan Media Internet
Setelah kita mempunyai brand yang tepat, mulailah denga menggunakan media internet. Dengan kondisi perkembangan teknologi yang serba internet saat ini, menggunakan internet dalam membangun personal branding adalah cara yang bijak. Betapa tidak, di jaman yang serba internet seperti saat ini, hampir seluruh aktifitas manusia dilakukan di internet, web, media social, dll. Mengingat besarnya peluang pasar tersebut, memasarkan personal brand di internet adalah pilihan yang relefan dan baik.

Buatlah website mengenai diri kita, perkenalkan diri melalui website, apa keahlian kita, apa konsens kita, apa pekerjaan kita, dll. Tulis semua tentang diri kita dengan baik. Setelah itu, buatlah tulisan menganai passion kita, lakukan hal ini terus secara kontinyu.

Sembari kita menulis di website, persiapkan media social guna mendukung website sebagai strategi membangun personal branding, seperti twiiter dan facebook, atau bisa juga dengan menggunakan media social yang lainnya. Kami pilih twitter dan facebook karena kedua media inilah yang saat ini banyak digunakan.

Promosikan diri kita melalui media sosial dengan membuat status atau tweet mengenai passion kita, lakukan secara kontinyu. Baiknya antara personal brand, website, dan media social menggunakan satu nama yang ingin di branding. Hal ini akan lebih menguatkan personal brand yang hendak dibangun. Koneksikan antara website dan media social sehingga pengelolaannya jauh lebih mudah. Lakukan cara diatas secara kontinyu sampai khalayak umum benar-benar mengenal kita sampai diluar kepala.

Tulis Buku
Jika memungkinkan, menulis buku merupan salah satu strategi membangun personal brand yang cukup efektif. Seseorang yang mampu menulis buku dan mampu diterbitkan membuktikan bahwa orang tersebut berkompeten dibidangnya. Hal ini baik untuk membangun kredibilitas di mata khalayak umum.

Dengan menulis buku, berarti kita menyebarkan pengetahuan kepada khalayak umum. Jika isinya bagus dan bermanfaat, maka khalayak umum akan memberikan tempat khusus bagi kita dibenak mereka. Bayangkan, untuk sekali terbit, sebuah penerbit biasanya mencetak hingga 3000 sd 5000 exp, terdapat kemungkinan orang sejumlah itu pulalah yang akan memberikan tempat khusus buat kita dibenak mereka.

Banyak pakar telah membuktikan dasyatnya efek buku bagi pengembangan personal branding dan karirnya. Sebagai contoh ada Ippo Santoso, Saptuari, Tung DW, Hermawan Kertajaya, Safir Saiduk, Sri Mulyani adalah orang-orang ternama yang sukses membangun kredibilitasnya melalui sebuah buku. 

Jika memag kita belum mampu menulis buku, efektifkan menulis artikel di website. Tulis saja mengenai apa yang menjadi passion kita, berulangkali. Gali ide-ide kreatif lainnya. Dan share tulisan tersebut melalui media social. Semakin lama, maka akan banyak pembaca di website kita. Itu artinya strategi membangun personal brand melalu internet sukses. 

Komunikasikan Terus Menerus
Komunikasikan semua tentang diri kita kepada dunia melalu berbagai media salah satunya internet secara terus menerus. Semakin banyak yang mengenal kita, maka personal branding yang kita bangun  akan semakin kuat.

Selain itu, jangan lupa untuk membangun pergaulan yang baik dengan sesama. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan teman-teman kita mengenai passion kita atau mengenai topik pilihan mereka. Jangan takut untuk banyak mengenal orang baru, ajak mereka mengobrol. Dengan begitu makan kita dapat membangun jaringan yang lebih kuat lagi (memperluas jaringan). 

Lakukan dengan Konsisten
Apapun strategi yang digunakan untuk membangun personal brand, kunci utamanya adalah konsisten. Lakukan terus menerus secara berkelanjutan sehingga orang akan selalu mengingat. Segala sesuatu yang tidak konsisten akan cepat tenggelam/punah.

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar