Mengapa Personal Branding Harus Segera Dibangun

Pada artikel yang telah lalu, kami telah membahas bagaimana cara membangun personal branding dengan baik. Dapat anda baca di sini. Sebelum melangkah jauh kita membahas personal branding, sebenarnya seberapa perlukah kita membangun personal branding? Seberapa bermanfaatkah personal branding buat kita?

Bagi beberapa orang, membangun personal branding merupakan kebutuhan tersendiri. Sebut saja seorang pengusaha muda, membangun personal branding dapat ikut serta mengembangkan usaha yang dimiliki. Apa korelasinya? Pengusaha yang memiliki personal branding yang kuat, kebanyakan mereka akan menjadi pembicara dalam sebuah seminar. Pada kesempatan itu pula, pengusaha tersebut mendapatkan kesempatan iklan geratis kepada peserta seminar atau lebih luas lagi. Dan ini sangat bermanfaat bagi pengembagan bisnis yang sedang dijalankan.

Bagi seorang trainer, membangun personal branding adalah keharusan. Trainer dengan personal branding yang kuat cenderung akan sering dipercaya untuk mengisi training-training tertentu. Itu artinya, jasa dia sebagai trainer laku dan diakui oleh khalayak umum.

Ada beberapa alas an mendasar kenapa kita perlu membangun personal branding. Beberapa alasan tersebut akan kami uraikan pada bahasan berikut. 

Sebagai Upaya menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada kita
Sebagai seorang pengusaha, atau konsultan, atau orang yang bekerja yang sering berhubungan denga banyak orang, kepercayaan orang harus kita bangun terlebih dahulu. Jika kita tidak bias dipercaya, lantas bagaimana orang lain akan bekerjasama dengan kita?

Lantas denga apa kita membangun kepercayaan orang lain kepada diri kita? Salah satunya adalah dengan upaya membangun personal branding. Seperti di artikel yang telah lalu, dapat dibaca di sini. Salah satu poin membangun personal branding adalah dengan memliki integritas yang baik. Tunjukan bahwa kita adalah orang yang kompeten di bidang masing-masing. Tunjukan kinerja yang baik. Dengan seperti itu orang akan percaya kepada kita bahwa kita berkompeten dibidang tersebut. 

Kebanyakan orang butuh pengakuan dari orang lain
Bagi sebagian orang, kepercayaan yang diberikan kepada diirinya dianggap masih belum cukup. Bagi sebagian orang tersebut, selain kepercayaan, masih butuh juga pengakuan atas eksistensi yang dimilikinya. Pengakuan bahwa orang tersebut ahli dibidang tertentu, semisal pemasaran, seni, trainer, dll.

Membangun personal branding yang kuat, selain mendapatkan kepercayaan dari orang lain, eksistensi dari kita juga akan diakui juga. Jika orang lain sudah mempercayai dan mengakui eksistensi kita, maka peluang kita untuk menjual diri kita kepada orang lain, juga akan semakin mudah. 

Apa yang menjadi komoditas kita harus dibeli orang
Seperti kami jelaskan diatas, apapun profesi kita, baik konsultan, pekerja, atau pebisnis, menjadi hal yang paling utama untuk produk maupun jasa yang kita miliki dipakai orang lain. Jika kita seorang konsultan pasti kita mengharapka jasa konsultan kita dipakai orang lain. Jika kita seorang pengusaha pastinya produk kita terjual adalah target utama. 

Perkembangan yang terjadi saat ini, orang cenderung hanya mau menggunakan jasa/produk yang memiliki brand yang kuat. Untuk itu, membangun personal branding yang kuat sangatlah mutlak dilakukan. Semakin kuat kita membangun personal branding, semakin banyak orang mengenal kita, dengan seperti itu maka peluang kita untuk memasarkan jasa/produk akan terbuka lebar. Bagaimana cara membangun personal branding dapat dibaca di sini

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar