Tips Menggunakan Media Sosial dalam Bisnis

Penggunaan media dalam bisnis saat ini dapat dikataka sangat penting. Media sosial dapat menjadi daya dukung yang sangat efektif dalam memasarkan produk atau jasa, media sosial juga sangat membantu dalam strategi pengembangan brand dari produk atau jasa. Selaian itu media sosial juga sangat efektif dalam menjaring komunikasi dengan pelanggan sehingga didapatkan masukan-masukan guna pengembangan produk atau jasa. Lebih lengkapnya mengenai pentingnya media sosial dalam bisnis dapat dibaca pada artikel kami sebelumnya disini.

Dalam era yang serba internet saat ini, perkembangan media sosial sangat pesat sekali. Baik pertumbuhan penggunanya maupun media yang digunakan. Media sosial yang sering digunakan diantaranya facebook, twitter, path, dll. Pada kesempatan ini kami hanya ingin membahas penggunaan twitter dalam strategi marketing produk atau jasa. Menurut Siv Rauv dalam artikelnya yang membahas tips meningkatkan user engagement pada social media (twitter) di business2community, ada 5 tips yang sangat penting buat strategi pengembangan bisnis kaos, diantaranya:

Gunakan Hashtag dan Keywords pada setiap tweets
Penggunaan hashtag atau yang biasa diwakili dengan tanda # serta keywords dapat mengarahkan pengguna twitter untuk menemukan iklan atau akun twiter dari pemakai. Dengan hastag dan keyword yang tepat dapat mendatangkan lebih banyak orang yang tertarik karena melihat tanda tersebut. Hal ini dapat memungkinkan tweets anda terdeteksi oleh search engine twitter dan rasa penasaran bagi orang-orang yang tertarik akan keyword tersebut.  Gunakan 1 atau 2, jangan lebih karena akan memberikan kesan spam.

Jangan terlalu banyak menggunakan karakter pada tweets
Dengan menggunakan jumlah karakter yang sedikit tersebut, membuat pesan anda lebih jelas dengan terfokus terhadap inti yang ingin anda sampaikan.  Di samping itu, tweet yang hanya 100 karakter dapat membuat orang membalas apa yang anda sampaikan dengan kode “RT” sehingga anda mendapatkan perpanjangan tangan dari followers anda.

Berikan Jarak Yang Panjang Antar Tweet
Tweet yang terus menerus dalam waktu singkat lebih sering tidak dibaca oleh para followers anda.  Berikan jarak yang cukup antar tweet, seperti  misalkan 1 jam atau 2 jam, agar mereka dapat menerima pesan anda dengan baik.

Masukkan link
Orang menyukai link dan anda menyukai link anda diklik sehingga dapat meningkatkan traffic kepada website anda.  BuddyMedia, sebuah perusahaan konsultan social media, menemukan bahwa tweet dengan link mendapatkan “RT” 86% lebih banyak daripada tanpa link.  Ini menarik, karena informasi anda dapat diterima lebih detil dibandingkan dengan hanya 140 karakter.

Lakukan test
Tidak ada cara yang pasti di dalam social media, karena dalam social media kita berhadapan dengan orang banyak.  Lakukan terus test bagaimana gaya bahasa anda yang dapat diterima oleh para konsumen, selalu coba tips yang ada karena tips tidak berlaku secara general, dst.  Karena sifat social media yang dinamis, disarankan untuk selalu melakukan test bagaimana orang menanggapi isi dari tweet anda dan bagaimana penyampaiannya, sehingga anda dan konsumen anda dapat terhubung dengan baik.

Penggunaan media sosial dalam strategi bisnis kaos murah sangat efektif, banyak dari brand produk maupun jasa yang terkenal berawal dari penggunaan media sosial. Bagaimana dengan produk atau jasa anda? Saatnya giliran anda memanfaatkan social media untuk mendukung kesuksesan usaha and.

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar