Internet, Sebagai Upaya meningkatkan SDM UKM

Yogyakarta, Dalam rangka menyiapkan SDM yang handal, Coca Cola Foundation bekerja sama dengan PT Peac Bromo, Perpustakaan daerah (Sleman dan Gunung Kidul), juga Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT - KUMKM) DI Yogyakarta menyelenggarakan seminar Peranan Internet dan Perpustakaan dalam Pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Seminar ini merupaka rangkaian dari program Coca Cola Foundation dalam upaya meramaikan perpustakaan daerah yang menjdi mitra, program ini diberinama dengan Perpuseru. Informasi mengenai Perpuseru dapat di akses di web resminya www.perpuseru.org

Program perpuseru dilaksanakan di 34 titik di seluruh Indonesia dan Yogyakarta mendapatkan dua titik pelaksanaan kegiatan, yaitu di perpustakaan daerah sleman da perpustakaan Gunung Kidul. Pelaksanaan seminar internet di sleman diselenggarakan pada tanggal 6 Mei 2014 di aula Bapeda sleman, sedangkan Gunung Kidul pada tanggal 8 Mei 2014 di ruang pertemuan Perpusda Sleman.

Tujuan dari diselenggarakannya seminar internet ini adalah memotifasi pelaku UMKM guna menggunakan internet sebagai media mengembangkan kualitas SDM dan mendorong pelaku UMKM guna menggunakan internet sebagai salah satu media pemasaran produknya. Selain dua tujuan diatas, tujuan inti dari dilaksanakan seminar internet dalam rangkaian Perpuseru adalah mendorong masyarakat guna meramaikan perpustakaan sebagai pusat informasi.

Garis bersar dari materi yang disampaikan pada acara seminar adalah bagaimana pelaku UMKM harus mampu meningkatkan kualitas SDM guna menyambut diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean ahir 2014 sehingga tidak kalah dengan gempuran-gempuran produk dari negara sesama Asean. Pelaku UMKM juga digorong guna memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana mengakses informasi pengembangan SDM serta memanfaatkan internet sebagai sarana pemasaran produk.

Seminar diahiri dengan workshop penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang dihadiri oleh perwakiran peserta. Dalam workshop tersebut disepakati terbentuknya komunitas bersama antara UMKM di daerah. di Sleman terbentuk FOKUS (Forum Komunikasi ) UMKM Sleman, di gunung kidul terbentuk FOKUS (Forum Komunikasi ) UMKM Sleman. Kedua komintas tersebut bisa diakses melalui media sosial face book. Komunitas ini dimaksudkan untuk menjadilin komunikasi antar UMKM selepas acara seminar selesai.

Selain pembentukan komunikasi, dari hasl workshop akan diadakan pelatihan pembuatan website bagi pelaku UMKM yang akan dilaksanakan di Perpustakaan Daerah bekerja sama dengan Perpuseru Coca Cola Foundation dengan suport dari PLUT KUMKM DI Yogyakarta. @bossmalas

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar