Kenapa Harus Menggunakan Google+

Ahir-ahir ini saya cenderung lebih aktif menggunakan media sosial besutan Google yaitu Google+ dibandingkan dengan media sosial yang mengkin banyak digunakan orang seperti Facebook maupun Twitter. Kenapa kok saat ini saya cenderung menggunakan google+ dibadingkan dengan kedua media sosial tersebut? Apa spesialnya Google+ dibandingkan dengan media sosial lainnya?

Saya mengenal Google+ tergolong belum lama, atau malah bisa dikatakan kuper mungkin. Acara seminar yang diinisiasi oleh Google Indonesia di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta bulan maret lalu adalah momen saya mengenal lebih dalam apa itu Google+. Waktu itu hanya sebatas mengenalnya lebih dalam saja, sedangkan menggunakannya secara aktif belum. 

Baru beberapa hari inilah saya mulai menggunakan Google+ secara aktif karena melihat beberapa postingan di akun yang saya ikuti menunjukan kemenarikan dari Google+ itu sendiri. Awalnya hanya mempelajari bagaimana menggunakannya dengan baik, namun seiring dengan informasi yang saya dapatkan dari beberapa teman blogger, rupanya Google+ tidak hanya sebatas media sosial saja. Lebih dari itu.

Kenapa saya sebutkan lebih dari media sosial, ya, Google+ jauh lebih powerfull ketimbang media sosial lainnya, terutama bagi blogger seperti saya. Media sosial buatan Google ini mengintegrasikan semua produknya, dari mulai email, blogger, google+, youtube, dll hanya cukup dengan satu akun saja. Berbeda dengan lainnya yang tidak seperti itu.

Sebagai seorang yang sedang belajar lebih menjadi seorang blogger, Google+ menawarkan lebih dari sekedar media sosial. Setiap update dari Google+ dan disertakan link dari web/blog kita maka link tersebut akan dikonfersi menjadi backlink. Artinya, setiap update Google+ yang disertakan link tertentu akan menjadi cara efektif kita menyebar link dari web/blog kita, tidak perlu mengemis lagi minta dipasangkan backlink kepada orang lain. Hal tersebut dikarenakan link yang disebar di Google+ bersifat Defollow, link hidup, dapat mempengaruhi peringkat web/blog kita di mesin pencarian google. Sedangkan di media sosial lainnya bersifat Nofollow atau link mati, tidak akan mempengaruhi peringkat web/blog kita.

Sifat Google+ yang defollow sangat menguntungkan bagi para blogger. Pada pencarian kata kunci tertentu yang menuju pada artikel atau page akan jauh lebih mudah. Hal ini dikarenakan update dari Google+ jauh lebih gampang diindeks oleh mesin pencarian google. Google akan mengindek link yang disebarkan melalui Google+ dengan link update-an Google+ tersebut, ya walaupun pada dasarnya tidak langsung link ke web/blog namun cukup membantu dari indek kata kunci di pencarian google.

Keuntungan menggunakan Google+ sebenarnya sangat banyak, bisa dibaca di blog dari blogger yang lain. Jika anda adalah seorang blogger pemula seperti saya, ada baiknya anda secepatnya menggunakan Google+ anda dengan aktif. Salam +bossmalas

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar