Sukses Bisnis Modal 0 Rupiah

Ada yang tanya, mas ada gak ya bisnis yang gak pake modal? Ya paling tidak bisnis yang tidak mengeluarkan banyak modallah. Maklum modalnya cekak.

Begitulah banyak orang yang bertanya ketika mau memulai usaha, selalu modal duluan yang dijadikan kendala. Maunya tanpa modal, maunya geratisan, maunya untung banyak padahal mereka belum melangkah.

Modal bukannya masalah utama dalam memulai usaha, justru orang yang mengeluhkan modal ketika mau memulai usaha maka dipertanyakan niatnya untuk berusaha. Seberapa kuat niatnya untuk menjadi pengusaha. Benar-benar ingin jadi pengusaha atau merencanakan diri untuk gagal. Kenapa saya bilang merencanakan diri untuk gagal?

Pada saat seorang berkeluh kesah soal modal, tidak mau mengeluarkan modal tapi ingin untung lebih banyak maka maka hati-hati, orang ini pasti akan cenderung lebih mudah gagal dibandingkan berhasil. Bedanya adalah di pola pikir, jika orang mau mengeluarkan modal itu artinya orang tersebut pasti berhasrat untuk mengembalikan modal, berbeda dengan yang tidak mau mengeluarkan modal, sedikitpun tidak ada hasrat untuk mengembalikan sesuatu. Nah lantas ada gak sih bisnis yang tanpa modal?

Lantang saya jawab ada. Apa saja itu? Menjadi makelar tanah misalnya, modal yang diperlukan cenderung kecil karena hanya untuk keperluan promosi.

Anda tahu toko bangunan? Pernah belanja kesana? Jika iya, tahukah anda bahwa modal utama toko bangunan itu adalah bangunannya sendiri yang dipakai buat toko. Jika anda sudah mempunyai bangunan maka anda tidak butuh modal lagi. Barang dan seiisinya disuplay oleh distributor. Berbondong-bondong para selles dari berbagai distributor mendatangi toko bahan bangunan untuk menawarkan produknya. Haruskah di bayar langsung setiap produk yang ditawarkan? Jawabannya tidak. Pembayarannya di bayar Tembo satu sampai tiga bulan kemudian, nunggu barang laku.

Atau anda pernah main ke pasar? Kalau tidak pernah ke pasar pasti anda pernah beli ke kios jajanan pasar? Ya, pernahkah anda melihat pemilik kios jajanan pasar tersebut belepotan karena membuat semua jajanan tersebut? Anda pasti mengatakan tidak pernah. Karena memang si pemilik kios jajanan pasar tidak pernah membuatnya.

Yeeessss, setiap pagi buta berpuluh para pembuat kue menitipkan jajanan buatannta di kios. Siang sedikit sampai hari menjelang malam puluhan bahkan ribuan orang membeli jajanan tersebut. Malam harinya para pembuat kue jajanan pasar datang ke kios untuk mengambil wadah jajanan pasar dan mengambil hasil penjualan hari itu. Pertanyaannya, modalkah si pemilik kios jajanan pasar?

Bisnis tanpa modal yang lain adalah bisnis berbasil online marketing? Jika anda menyukai online saya pikir bisa cocok dengan anda. Dropship dan reseller produk, anda tidak perlu kulakan barang untuk berjualan. Cukup memasarkan produknya orang lain, saat laku maka orang yang punya produk akan langsung mengirim produk tersebut ke alamat tujuan. Anda tinggal nunggu kiriman komisi penjualan.

Rebranding  produk, saat ini banyak perajin yang kesulitan pasar. Mereka sudah pusing memikirkan priduksi ditambah lagi memikirkan pemasaran, kesempatan anda untuk mengambil peluang ini. Ambil produk dari perajin lantas kasih brand sendiri lalu jual, anda sudah punya bisnis sendiri.

Gimana masih bertanya usaha apa yang tanpa modal? Intinya bukan di modalnya, tetapi seberapa kuat niat anda untuk berusaha. Jika memang mentalnya sudah bagus, modal bisa mengikuti. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat.

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar