Jangan Lewatkan, Tangkap Potensi Pasar Online Marketing!

Perkembangan teknologi informasi (IT) saat ini sangat pesat sekali. Pemanfaatan IT dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak sudah tidak bisa dielakan lagi. Hampir dapat dipastikan hampir setiap orang pasti menggunakannya baik untuk kebutuhan kerja maupun untuk kebutuhan gaya.

Data menunjukan bahwa sampai dengan saat ini, jumlah populasi penggunaan handphone di Indonesia melebihi jumlah penduduknya. Kalau jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 250 juta jiwa, maka jumlah handphone lebih dari itu. Artinya, ada banyak penduduk Indonesia yang mempunyai handphone lebih dari dua unit. Bahkan seorang pemulung pun saat ini mempunyai handphone yang bisa dikatakan di atas rata-rata.

Dari jumlah populasi handphone yang cukup banyak tersebut, hampir separuhnya sudah bisa digunakan untuk mengakses internet dan negara kita termasuk pengguna media sosial terbesar dan teraktif di dunia. Artinya, melihat fenomena IT yang demikian pesat perkembangannya, tersedia peluang pasar yang cukup besar yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha.

Peluang pasar tersebut adalah peluang pasar di dunia online atau orang lebih sering menyebutnya dengan online marketing atau internet marketing. Apapun usahanya sampai saat ini masih berpeluang untuk dapat ikut memperebutkan pasar di dunia online.

Bisnis online tidaklah sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang. Sama seperti halnya bisnis konvensional yang membuka lapak di pasar lalu berjualan di sana. Setiap harinya menawarkan dagangannya ke pada calon konsumen. Hal ini juga berlaku di dunia online. Hanya saja lapak dan jualanya ada di dunia maya. Prosesnya sama, setiap hari menawarkan produk kepada calon konsumen.

Bagi para pemula, di awal pemanfaatan IT dalam pemasaran bisa dengan menggunakan media sosial yang saat ini penggunanya sangat besar, bahkan masuk kedalam lima besar negara pengguna media sosial. Gunakan yang simpel-simpel dulu saja, bisa dengan berjualan menggunakan facebook terlebih dahulu, atau bisa menggunakan media sosial yang lainnya. Pakai saja yang sudah dikuasai terlebih dahulu sambil belajar mengembangkan kapasitas di bidang internet marketing. Kalau memang sudah mampu, bisa ditingkatkan ke bloging, adsen dan lain sebagianya.

Intinya adalah jangan sampai kita kehilangan momentum peluang untuk ikut serta mengambil bagian kue internet marketing yang dewasa ini memang cukup pesat perkembangannya. Apalagi sebentar lagi perdagangan bebas sudah dimulai, diamana produk-produk dalam negeri kita akan langsung berhadapan dengan produk luar negeri di negeri sendiri. Jika kita tidak pandai menentukan strategi maka bukan tidak mustahil produk kita akan kalah dengan produk asing. Strategi Internet Marketing bisa jadi piliha untuk memperkuat strategi pemasaran yang telah dilakukan saat ini.

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar