KREATIFITAS DAN INOVASI

Berikut Saya kopikan tulisan dari salah satu mentor saya dalam pendampingan KUMKM yang mengangkat pentintingnya kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan sebuah usaha. Dengan kreatifitas dan inovasi usaha akan mampu menembus batas naik ketingkatan yang lebih tinggi. Tanpa kreatifitas dan dan inovasi usaha bisa jadi menuju jalan mati suri. Selamat menikmati tulisan beliau berikut ini:

KREATIFITAS DAN INOVASI

oleh: Sapto T Poedjanarto *)

Jum'at sore, 10 Juli 2015, tiba-tiba saya ditodong oleh para sahabat di PLUT DIY untuk menjadi pembicara talkshow program "Buka Bareng Bisnis; Puasa Jalan Terus, Omset Naik Terus' PLUT KUMKM DIY" , menggantikan Mas Abdul Muiz Fansuri (HIPSI) yang berhalangan hadir, dan menemani YM Mas Rommy Heryanto grin emotiko , Ketua Korwil ABDSI DIY. Mendadak dangdut..., saya didudukkan mewakili DPN ABDSI (hahahaha).

Topik talkshow tentang budaya KREATIFITAS DAN INOVASI dalam bisnis. Kreatifitas dan Inovasi adalah ruh utama bagi semua bisnis. Sebenarnya sudah banyak sekali jurus jurus untuk menjadi kreatif dan inovatif. Lengkap dengan teori-teori tentang psikologi, otak kanan, otak tengah, positive thinking dan lain-lain. Jika anda golongan "hardcopy" Anda dapat mencari semua itu di toko buku terdekat. Jika anda golongan "softcopy", samudra Internet menyediakan banyak sekali e-book yang dapat diunduh, secara copyright, maupun copyleft (hahaha..).

Permasalahan utama menurut saya bukan terletak pada teori dan jurus-jurus tersebut, melainkan terletak kepada "Etos dan perilaku" . Ini masalah klasik SDM di Indonesia. Etos dan perilaku yang bagaimana? Ada beberapa yang perlu anda cermati dan barangkali menjadi salah satu perilaku anda:

1. TAKUT BERUBAH KARENA BERADA DI ZONA NYAMAN
Jelas. Tidak perlu saya uraikan di sini. kalau anda ingin mendalami "Management Perubahan" sila baca karya Rhenald Khasali PhD, yang meneliti dan membuat tujuh seri buku tentang hal ini. Silakan cari buku buku berikut:
- Change!, Gramedia Pustaka Utama (2005)
- Recode Your Change DNA, Gramedia Pustaka Utama (2007)
- Mutasi DNA Powerhouse, Gramedia Pustaka Utama (2008)
- Wirausaha Muda Mandiri, Gramedia Pustaka Utama (2010)
- Myelin: Mobilisasi intengibles sebagai kekuatan perubahan, Gramedia Pustaka Utama (2010). 
- Cracking Zone, Gramedia Pustaka Utama (2011)
- Cracking Value, Gramedia Pustaka Utama (2012)

Kata kunci bagi saya cuma satu frase saja : ‪#‎MOVE_ON‬. Hasttag ini beberapa waktu yang lalu populer di twitterland. Bagaimana? Sudah berani #move_on ?
Untuk dapat move_on dengan nyaman, terapkan afirmasi Ho'oponopo plus ala saya:
"I am appreciative,
I am change, 
I Love You, 
I'm Sorry, 
Please Forgive Me, 
Thank You"
(Saya menghargai, Saya berubah, Aku mencintaimu, Aku mohon maaf, Harap memaafkan aku, Terima Kasih).

2. TAHU SOLUSI, TAPI TIDAK MAU MENGAPLIKASI
Untuk menjadi kreatif, inovatif, menjadi UMKM naik kelas , anda sudah tahu solusinya, tetapi anda menunda-nunda eksekusinya. Perilaku ini berhubungan dengan point pertama, takut bergerak dari zona nyaman, atau lebih parah lagi; anda memang tidak punya kemauan.

3. MUDAH BER-NEGATIF THINKING
Kreatif dan inovatif dibangun dari semangat positivisme. Semangat mencari solusi terbaik dari kondisi yang terbatas. Semangat konstruktif, bukan destruktif. Semangat ini punya jiwa/ruh. Apa itu? Positive Thinking dan Optimism!
Berlawanan dengan semangat ini, tentu saja namanya Negative Thinking & Pessimism. Ini adalah etos dan perilaku yang paling sulit dibongkar. Hipnoterapis dan ahli NLP menyebutnya "mental block". Tandanya apa? Ketika anda memandang semua atau sebagian aspek hidup dengan negatif! Maka anda akan menjadi pesimis memandang hidup. 
Saya pribadi biasanya menghindar dari orang-orang seperti ini, karena "energi" mereka sangat buruk, dan yang paling berbahaya, semangat mereka menular lebih cepat dibandingkan semangat positivisme.

4. RUTINITAS HIDUP MONOTON
Jika rutinitas hidup anda monoton, maka ucapkan selamat tinggal kepada bakat kreatif dan inovatif. Apakah anda terjebak dalam rutinitas; "kerja - pulang - nonton teve - ketiduran"? Jika jawabnya iya, maka segeralah mengubah rutinitas hidup anda. Ada banyak aktifitas yang lain yang menghidupkan otak anda: membaca, mendengarkan musik, berolahraga, menulis, melukis kaligrafi, menggambar dan mendesain produk, travelling, tafakur (meditasi) dan lain-lain.
Karenanya di akhir talkshow, saya memberikan tips : "JADIKAN HIDUP ANDA SETIAP HARI BERBEDA AKTIVITAS YANG MENINGKATKAN VALUE ADDED OTAK ANDA"
Program Talkshow "Buka Bareng Bisnis; Puasa Jalan Terus, Omset Naik Terus' PLUT KUMKM DIY" yang digagas oleh tim konsultan PLUT DIY, juga salah satu bentuk kreatifitas dan inovasi yang patut dicontoh. Semoga di bulan Ramadhan tahun depan menjadi lebih kreatif.
Berikut ini saya kutip update berita tentang kreatifitas bisnis dari kontan.co.id, semoga menambah wawasan dan ide bisnis anda. Berita selengkapnya sila klik link di bawah.
--------
Kreatifitas peci dengan karakter kartun. Itu dilakukan agar produksi peci bisa ditingkatkan. Dalam bulan puasa ini para pengusaha peci karakter ini mengaku mengalami peningkatan penjualan. Salah satunya bisa meraup omzet hingga Rp 500 juta sebulan. Choiruddin Pradana, pengusaha peci asal Cirebon, Jawa Barat mengatakan, peci buatannya bermerek Azkafada mengalami peningkatan penjualan hingga 100% selama bulan Ramadan. Peci Choiruddin diberi karakter kartun seperti Sponge Bob, Nemo, Angry Bird, dan tokoh kartun lainnya. Rata-rata Choiruddin menjual peci buatannya di kisaran harga Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per unit. http://peluangusaha.kontan.co.id/news/peci-spongebob-keripik-talas-dan-mainan-edukatif

*) Sapto T Poedjanarto - Konsultan Pengembangan Ekonomi Lokal dan Entrepreneurship

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar