Manfaatkan Testimoni Sebagai Viral Marketing

Oleh: Imam syafi'i

Testimori, kalau saya boleh saya katakan, merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat cerdas. Tujuan dari testimoni adalah guna mempercepat proses penyebarluasan informasi dari produk atau jasa ke target market yang kita pilih.

Testimoni dari konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa kita, dan mereka menyatakan kepuasannya terhadap produk atau jasa tersebut, dengan tidak sengaja kita dapat lebih menyakinkan calon konsumen baru untuk menggunakan produk atau jasa kita. Calon konsumen yang awalnya masih ragu dapat percaya 100% hanya dengan testimoni, hingga ahirnya menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan.


Di sisi lain, testimoni dapat menjadi media promosi yang murah dan efektif. Murah karena memang banyak media yang bisa dipakai, seperti halnya penggunaan media sosial yang ahir-ahir ini pertumbuhannya sangat pesat. Dan tentunya penggunaan media sosial tidak membutuhkan anggaran yang besar, atau bisa dikatakan bisa mendekati nol rupiah.


Efektif dari dampak yang dihasilkan, dengan adanya testimoni selain kita dapat meyakinkan calon konsumen, testimoni yang menarik mampu menjadi bak bola salju yang mengelinding, semakin jauh menggelinding semakin membesar bola saljunya. Testimoni mampu menjadi fungsi viralmarketing yang akan terus berjalan. Semakin jauh bola menggelinding, semakin banyak calon konsumen yang terjangkau.

Contoh sederhanaya bisa menggunakan Facebook atau Fans Page di Facebook. Bikin saja program misalnya bagi para konsumen yang puas dengan produk atau jasa kita diminta untuk memberikan koment dengan menyertakan foto penggunaan barang atau jasa, setelah itu diarahkan untuk ikut membagikan postingan keteman-temannya. Koment atau foto terbaik selama periode tertentu akan diberi hadiah liburan ke Bali 5 hari GRATIS misalnya. Maka konsumen akan berlomba memberikan koment dan foto terbaiknya.

Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi strategi marketing, dengan tidak perlu dikomando konsumen dengan sendirinya akan mengikuti perintah dari postingan di FB/FP tersebut. Semakin hari jumlahnya semakin banyak. Dengan mereka memberikan like, koment, atau membagi ulang, itu artinya dengan tidak sengaja mereka sudah menginformasikan keberadaan produk atau jasa kita ke orang lain.

Untuk menjadi strategi viralmarketing, tertimoni memang perlu dikonsep dengan sangat matang. Sehingga pelanggan mau dengan sukarela berebut memberikan testimoni terhadap produk atau jasa kita. Kalau sudah begitu kita tinggal mengevaluasi saja, ada peningkatan penjualan berapa persent dengan menerapkan strategi tersebut.

Terimakasih Sudah Berkunjung

Share This Post

Comments

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar