Rumah Branding Jogja, Solusi Branding Usaha Anda
Imam Syafi'i - Branding
saat ini menjadi kata ampuh di dunia usaha. Menjadi pendongkrak yang diharapkan
mampu meningkatkan pengetahuan calon konsumen terhadap suatu produk yang muara
ahirnya adalah meningkatkan nilai penjualan produk tersebut. Branding, di sisi
lain diharapkan mampu memberikan nilai tawar lebih dari suatu produk yang
ujungnya meningkatkan laba dari sebuah usaha.
Pasar
bebas memungkinkan setiap produk bersaing tanpa tedeng aling-aling lagi, apa
lagi di ahir tahun ini masyarakat ekonomi Asean di berlakukan. Artinya arus
orang maupun barang dari Negara anggota Asean tidak akan ada batasan lagi.
Semua bebas keluar masuk seperti halnya kita pindah dari satu kabupaten ke
kabupaten lainnya. Satu provinsi ke provinsi lainnya. Semua bebas keluar masuk,
tidak adalagi palang pintu yang menghalangi lagi.
Kabar
baiknya, dengan diberlakukannya MEA itu artinya arus barang dalam perdagangan
pun tiada batasan lagi. Barang dari negera tetangga bebas masuk ke Indonesia,
pun bisa jadi sebaliknya. Kabar buruknya adalah sudahkah produk UKM mampu
bersaing dengan produk-produk dari Negara sesama Asean? Parahnya lagi, bukan
hanya Asean, produk-produk UKM juga akan langsung bentrok langsung dengan
produk dari Cina yang nota bane sangat murah dengan telah diberlakukannya AFTA.
Bukan peimis, namun pastinya produk kita banyak yang harus di perbaiki.
Konyol
namanya kalau kita sebagai pelaku usaha mau bentrok secara langsung dengan
produk dari Negara tetangga terutama Cina. Akan dipukul dengan telak seandainya
kita ngeyel bentrok langsung di pasar dengan produk-produk tersebut. Bermain di
harga murah bukan pilihan yang tepat bagi produk-produk UKM kita. Mau dijual
semurah apa pun produk UKM kita masih akan tetap kalah dengan produk-produk
dari Cina. Biaya produksi produk UKM tak akan tercover jika bermain di harga
rendah.
Lantas
bagaimana cara mensiasati biar produk UKM kita mampu bersaing dengan produk
Negara lain? Jawabannya, kalau saja dijual murah produk kita tidak akan mampu
bersaing dengan produk Negara tetangga, maka satu-satunya langkah adalah jual
mahal. Maksudnya, pilih strategi pemasaran produk dengan menjual di atas harga
produk-produk murah. Lah tadi dibilang, kalau murah saja tetap tidak akan mampu
bersaing kok sekarang mau dijual lebih mahal? Gimana caranya? Siapa yang mau
membeli?
Bersambung pada post selanjutnya.
Bersambung pada post selanjutnya.
0 Response to "Rumah Branding Jogja, Solusi Branding Usaha Anda"
Post a Comment